SMK NEGERI 1 STABAT

Jalan K.H Wahid Hasyim Stabat. Kode Pos.20814 Kec.Stabat Kab.Langkat
Telp.(061) -8911004 Fax .(061) -8911004 Email. smknsatustabat@gmail.com

Media Sosial SMK Negeri 1 Stabat

Berita

Berita Terbaru

PELAKSANAAN ASESMEN SEKOLAH KELAS XII SMK NEGERI 1 STABAT TP. 2023 - 2024

SMK Negeri 1 Stabat (Humas) – ( Rabu, 27 Maret 2024 )
Asesmen sekolah ini merupakan pengganti Ujian Akhir atau yang biasa di kenal Ujian Nasional (UN), demikian yang disampaikan oleh wakasek bidang kurikulum SMK Negeri 1 Stabat pada saat rapat persiapan ujian pada senin, 25 Maret 2024. 

“Asesmen sekolah kelas XII SMK Negeri 1 Stabat ini di laksanakan selama 6 hari dimulai dari tanggal 27 maret 2024 sampai dengan 03 April 2024. Berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Nomor: 100.3.4/2128/Subbagumum/III/2024 Tanggal 18 Maret Tahun 2024 Tentang Prosedur Operasional Standard (POS) Assesment Sekolah (AS) Tahun Pelajaran 2023/2024. maka Ujian Sekolah/Assesment dimajukan menjadi Tanggal 27 Maret 2024.
Mata Pelajaran yang diujikan pada Asesmen Sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024 ini adalah semua Mata pelajaran yang dipelajari oleh siswa di kelas XII.

Ibu Murti Khairani Lubis, S.Pd selaku kepala sekolah menyampaikan agar siswa bisa mengerjakan Asesmen dengan serius dan teliti, agar nanti hasil yang didapatkan bisa maksimal. Semoga Asesmen sekolah Tahun pelajaran 2023/2024 ini bisa berjalan dengan lancar.

Asesmen sekolah ini dilaksanakan 2 sesi per harinya Sesi 1 07.30 s/d10.00 WIB, Sesi 2 10.05 s/d 12.35 WIB
Satu hari rata-rata mata pelajaran yang diujikan adalah tiga mata pelajaran, Setiap mata pelajaran diberi waktu 50 menit untuk menyelesaikan soal.



Asesmen sekolah tahun ini berbasis WEB menggunakan sistem E - Learning yang di buat secara mandiri oleh program keahlian TJKT SMK Negeri 1 Stabat sehingga peserta didik dapat mengerjakan melalui Android masing - masing.

BUKA PUASA BERSAMA GURU DAN SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 STABAT

SMK Negeri 1 Stabat (Humas)– Rabu, 27 Maret 2024
Selain hidangan berbuka yang khas pada saat bulan Ramadhan. Hal lain yang banyak ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang adalah menjalankan buka puasa bersama. Kegiatan yang satu ini pada umumnya dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi yang lebih erat bagi keluarga besar SMK Negeri 1 Stabat.

Ternyata banyak kebaikan yang dijanjikan bagi siapapun yang memberi makanan untuk berbuka kepada orang lain yaitu, pahalanya sama dengan puasa orang yang diberi makanan untuk berbukaa tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya orang yang berpuasa tersebut.

selain berbuka bersama, dalam kesempatan ini pengajian SMK Negeri 1 Stabat juga mengadakan santunan bagi penjaga sekolah, petugas kebersihan dan marbot masjid Tarbiyatul Ilmiyah SMK Negeri 1 Stabat 

Buka puasa bersama mempunyai beragam maksud dan tujuan, tidak hanya terbatas pada nilai silaturahim maupun berbagi saja. Namun masih banyak lagi makna yang tersembunyi dibalik acara buka puasa bersama di bulan Ramadhan.

Dalam tafsirnya Imam Al-Baghawi menyampaikan satu hadits yang cukup panjang mengenai buka puasa bersama. beriku sebagian kutipan hadis tersebut:

عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ سَلْمَانَ قَالَ:
خَطَبَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي آخِرِ يَوْمٍ مِنْ شَعْبَانَ فقال: … من فَطَّرَ فِيهِ صَائِمًا كَانَ لَهُ مَغْفِرَةً لِذُنُوبِهِ وَعِتْقَ رَقَبَتِهِ مِنَ النَّارِ، وَكَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَجْرِهِ شَيْءٌ» ، قَالُوا: يَا رَسُولَ الله ليس كلنا يجد ما يفطّر بِهِ الصَّائِمَ؟ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يُعْطِي اللَّهُ هَذَا الثَّوَابَ لِمَنْ فَطَّرَ صَائِمًا عَلَى مَذْقَةِ لَبَنٍ أَوْ تَمْرَةٍ أَوْ شَرْبَةٍ مِنْ مَاءٍ، وَمَنْ أَشْبَعَ صَائِمًا سَقَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ حَوْضِي شَرْبَةً لَا يَظْمَأُ بَعْدَهَا حَتَّى يَدْخُلَ الْجَنَّةَ

Artinya: “Dari Sa’id bin Musayab dari Salman ia berkata: Rasulullah SAW berkhutbah kepada kami di hari terakhir bulan Sya’ban. Beliau bersabda, “ Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa di bulan Ramadhan maka hal itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan pembebasan dirinya dari api neraka. Baginya pahala seperti pahalanya orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikitpun pahala puasa orang yang diberi buka tersebut.”

Orang-orang berkata, “Ya Rasulullah, tidak setiap kami dapat memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa.” Rasulullah bersabda, “Allah akan memberikan pahala yang demikian ini kepada orang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa meskipun hanya dengan susu encer, sepotong kurma, atau seteguk air. Dan barang siapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa maka Allah akan memberinya minum dari telagaku di mana setelahnya ia tak akan haus sampai masuk ke dalam surga…” (Al-Husain bin Mas’ud Al-Baghawi, Tafsir Ma’alimut Tanzil [Kairo: Darul Alamiyah, 2016], jil. 1, hal. 196 – 197).


Foto kelas XII 

selain buka bersama dan berbagi santunan buka puasa ramadhan tahun ini juga di iringi dengan doa bersama untuk kelas XII yang sedang melaksanakan Asesmen Sekolah , dan diharapkan setelah tamat dari SMK Negeri 1 Stabat menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara indonesia 

PAMERAN HASIL KARYA SISWI TATA BUSANA

KEGIATAN SISWI SMKN 1 STABAT


FASHION SHOW MERUPAKAN SALAH SATU CARA UNTUK MEMPERKENALKAN GAYA FASHION MASA KINI.BIASANYA FASHION SHOW DIADAKAN KETIKA DESINER HENDAK MEMPERKENALKAN HASIL KARYA RANCANGANNYA.

SOSIALISASI PROGRAM INTERNALISASI BUDAYA KERJA INDUSTRI AUTO 2000 MEDAN GATSU KE SMK NEGERI 1 STABAT

 Materi:
 - Budaya Penerapan PKL Berbasis Dunia Industri.
 - Evaluasi Program Link Dan Match.

 Kesimpulan 
   Dalam Internalisasi Budaya Kerja Industri Hal Yang Perlu Diperhatikan.
 
 - Evaluasi program link dan match antara sekolah dan DUDI industri.
 - Standarisasi industri dengan kurikulum yang berlaku di smk.
 - Untuk mencapai kesuksesan harus memiliki etika,keterampilan,                pengetahuan, disiplin, tanggung jawab dan target.
 - Hard Skill, Soft Skill, Life Skill.

LAUNCHING SEPEDA MOTOR LISTRIK SMKN 1 STABAT

Karya anak bangsa indonesia yang dihasilkan dalam lingkungan sekolah yang berguna dimasa depan " KARYA JURUSAN TBSM SMKN 1 STABAT".


Sepeda listrik adalah sepeda yang mempunyai motor listrik sebagai alat bantu geraknya. Perbedaan sepeda listrik dengan sepeda motor listrik adalah, sepeda listrik mempunyai pedal seperti sepeda pada umumnya, yang bisa juga digunakan untuk menggerakkan sepeda listrik tersebut, sedangkan sepeda motor listrik hanya mengandalkan motor listrik sebagai penggeraknya. Sepeda listrik menggunakan baterai isi ulang sebagai sumber tenaga motor listrik. Motor listrik membantu untuk mengurangi kelelahan dalam bersepeda, membuat sepeda ini digemari oleh banyak orang, termasuk orang dengan keterbatasan kemampuan fisik dan kaum manula.

Dalam beberapa sudut pandang, motor listrik menawarkan keuntungan bagi penggunanya.

Contohnya perawatan yang lebih minim. Sebabnya dibandingkan motor bermesin konvensional, motor listrik memiliki komponen bergerak yang jauh lebih sedikit.

Tidak perlu ganti oli!

Kemudian motor listrik juga akan menawarkan pengalaman berkendara yang menarik dengan karakteristiknya. Di antaranya tarikan yang halus, torsi instan, dan minim suara. 

PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA

Oleh Elida Turnip, S.Pd

Guru Bimbingan Konseling SMKN 1 Stabat 

Perkembangan teknologi yang semakin canggih sangat berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa.Teknologi yang makin canggih menjadi kekhawatiran bagi semua orang saat ini terutama para orang tua.Merka pasti menginginkan putra-putri mereka agar kelak sukses dimasa depan,

Dengan tersedianya berbagai aplikasi di gadget membuat para siswa malas untuk belajar karena konsentrasi mereka terganggu.Pada saat sedang belajar sering gadget siswa berbunyi yang membuat penasaran untuk melihatnya sehingga menggangu konsentrasi belajarnya,

Konsentrasi siswa dalam belajar merupakan salah satu hal penting untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal.Penggunaan gadget terus menerus  meningkat drastis mulai dari anak-anak,,remaja,sampai orang dewasa banyak menggunakannya.

Menurut Slameto (2003), konsentrasi belajar adalah “Pemusatan pikiran terhadap  suatu mata Pelajaran dengan mengesampingkan semua hal lainnya yang tidak berhubungan dengan Pelajaran.

Salah satu dampak penggunaan gadget yang dirasakan siswa adalah hilangnya kemampuan berkonsentrasi. Sejumlah  dampak negatif penggunaan gadget secara berlebihan adalah:

  1. Masalah Penglihatan
  2. Menganggu  pola tidur
  3. Tidak fokus
  4. Ketergantungan gadget
  5. Sakit kepala
  6. Postur tubuh yang tidak ideal
  7. Cedera pada otot dan ligament
  8. Resiko kecelakaan
  9. Resiko kegemukan
  10. Gangguan tumbuh kembang pada anak.

Dikutip dari (https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/dampak-negatif-penggunaan-gadget/).

Ketika siswa terlalu banyak menggunakan gadget dan menjadi kecanduan,hal tersebut membuat siswa menjadi malas,menurunkan semangat belajar mengurangi kemampuan untuk focus belajar sehingga menyebabkan konsentrasi belajar.

Pada kenyataanya, seiring perkembangan zaman ini remaja atau siswa sudah sangat bergantung terhadap gadgetnya, entah itu alasan mencari penghasilan melalui gadget atau hanya untuk mencari hiburan. Dalam hal ini banyak siswa yang menggunakan gadget secara berlebihan.

                               

Dari pengaruh gadget terhadap konsentrasi belajar siswa, tentunya sebagai seseorang yang tidak menginginkan dampak yang tidak baik bagi hasil belajar siswa.Kita harus bisa menggunakan gadget yang hanya seperlunya saja.  Tidak terlalu berlebihan intensitas penggunaannya karena sesuatu yang berlebihan,akan membuahkan hasil yang kurang baik. Oleh karena itu,  bijaklah dalam penggunaan gadget di era sekarang ini.

Sehubungan dengan usia anak didik yang belum mampu menentukan apa yang bermanfaat dan apa yang berdampak negatif pada dirinya sendiri maka penulis berkesimpulan bahwa penggunaan handphone diperbolehkan kepada murid dengan pengawasan guru dan orang tua dalam hal lama menggunakannya, konten yang layak atau berguna dilihat, mengepost suatu konten maupun merespon suatu konten.

Hasil Seleksi PPDB 2023


Berikut adalah hasil penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2023-2024

ARTIKEL PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PEMBENTUKAN MORAL PESERTA DIDIK

Oleh : NANDA SANJANI, S.Pd

Guru Bimbingan dan Konseling SMKN 1 Stabat

 

  Masalah moral merupakan masalah yang menjadi kekhawatiran bagi semua orang saat ini.Terlebih pada orang tua, mereka pasti ingin memberi bekal bagi putra- putrinya agar kelak sukses dimasa depan.Mereka ingin putra – putrinya siap dan terbuka terhadap modernisasi , namun tetap memiliki nilai – nilai moral yang kuat sehingga mampu menjaring arus informasi yang di akses dan mendayagunakan.

     Pendidikan sebagai upaya mentransformasi nilai – nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan tertentu pendidikan merupakan tempat strategis untuk membentuk dan mengembangkan nilai , sikap dan moral.

   Krisis moral di kalangan remaja sering kita temui, antara lain tawuran antar pelajar atau mahasiswa , penggunaan obat – obatan terlarang, pelecehan seksual, prilaku seks bebas dan kenakalan – kenakalan remaja lainya yang sering mengganggu dan merugikan masyarakat. Di kalangan anak – anak sekalipun mereka tidak terlepas dari krisis moral , bahkan tidak sedikit dari mereka yang menjadi korban moral di lingkungan mereka.

Masalah moral merupakan masalah yang penting karena menyangkut keamanan, ketertiban dan kesejahteraan hidup individu dan masyarakat, sehingga masalah moral harus mendapat perhatian , terutama bagi para pendidik, orang tua dan pemuka masyarakat.

Faktor – factor yang mempengaruhi moral siswa

Menurut Kartono ada beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi moral siswa yaitu :

  1. Mereka mudah berorientasi pada masa sekarang dalam arti menikmati masa muda sepuas – puasnya tanpa batasan moral dan agama
  2. Mereka kurang bersosialisasi dalam masyarakat normal, sehingga tidak mampu mengenal norma – norma kesusilaan dan tidak mampu bertanggung jawab secara sosial karena dari kebanyakan mereka terganggu secara emosi
  3. Pada umumnya mereka sangat inplusif dan senang menyerempet bahaya dan mereka kurang memiliki disiplin diri, sebab mereka kurang mendapat arahan dan bimbingan
  4. Penyimpangan prilaku disebabkan oleh kerusakan karakter anak yang menuntut kompensasi
  5. Anak – anak yang tidak mampu menjalin relasi sosial yang dapat membahagiakan hati sendiri, mereka selalu dihantui oleh perasaan curiga, iri, dengki, permusuhan kepada siapa saja , selalau tidak puas dan murung.

 

A.      Layanan Informasi

Layanan informasi adalah suatu kegiatan atau usaha untuk membekali para peserta didik tentang berbagai macam informasi tentang pengetahuan supaya mereka mampu mengambil keputusan secara tepat yang berguna untuk pencegahan dan masa depan dalam kehidupanya.layanan informasi bertujuan  supaya peserta didik memperoleh informasi yang relevan dalam rangka memilih dan mengambil keputusan secara tepat guna pencapaian pengembangan diri yang optimal dalam mencapai kualitas hidup yang lebih baik.Jenis layanan informasi yang diberiakan kepada peserta didik ada 4 tipe yaitu , informasi dalam bidang pribadi, sosial, belajar dan karir.Namun demikian demi tercapaianya tujuan dari layanan informasi maka materi informasi di sesuaikan dengan tujuan dari pelaksanaan informasi itu sendiri.

 

B.             Pembentukan moral

1.              Pengertian Moral

                    Dalam kamus besar bahasa Indonesia kata moral berarti ; Sikap, akhlak, budi pekerti dan asusila. Kata moral mempunya arti yang hampir sama dengan karakter seperti yang terdapat dalam kamus besar bahasa Indonesia , karakter adalaf sifat – sifat kejiwaan, akhlak, budi pekerti, tabiat dan watak

Moral mempunyai pngertian dengan kesusilaan, memuat ajaran baik buruknya perbuatan.Perbuatan itu dinilai sebagai perbuatan baik atau perbuatan yang buruk.Penilaian itu menyangkut perbuatan yang dilakukan dengan sengaja.Memberi penilaian atas perbuatan dapat disebut memberi penilain etis/ moral.

2.              Pendidikan moral disekolah

Nilai – nilai budaya dan sosial yang perlu dibangun di lingkungan sekolah sebagai berikut:

a.    Etika

b.    Kejujuran

c.     Kasih sayang

d.    Bertanggung jawab

e.    Tepat waktu

 

3.              Pembentukan moral

Pembentukan moral peserta didik terkait dengan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah pada saat ini, agar para siswa memiliki kebiasaan (habitutation) tentang hal mana yang baik sehingga peserta didik menjadi paham ( kognitif) tentang mana yang benar dan salah, mampu merasakan (efektif) nilai yang baik dan bias melakukan (psikomotorik).Dengan kata lain pendidikan karakter yang lebih baik harus melibatkan bukan saja aspek “ pengetahuan yang baik ( moral knowing), akan tetapi juga “ merasakan dengan baik atau loving good ( moral feeling) dan prilaku yang baik(moral action).Pendidikan karakter menekankan pada kebiasaan yang terus- menerus dipraktikan dan dilakukan.

Dalam upaya membantu perkembangan moral anak disekolah. Maka peran bimbingan dan kosneling disekolah diharapkan mampu mengarahkan peserta didik kepada perkembangan yang optimal.Apalagi di zaman globalisasi yang mana terjadi perubahan- perubahan dalam berbagai aspek kehidupan seperti di bidang ekonomi, bidang politik, bidang sosial-budaya,bidang teknologi maupun bidang pendidikan maka ikut pula proses sosialisasi anak. Dalam upaya membantu sosialisasi anak di sekolah layanan informasi diharapkan dapat mempengaruhi proses sosialisasi anak tentang moral yang baik. 

HARI PENDIDIKAN NASIONAL TAHUN 2023

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional, disingkat HARDIKNAS, adalah hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa, diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.[1]

 

SEJARAH

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.[2] Hari nasional ini ditetapkan melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Filosofinya, tut wuri handayani ("di belakang memberi dorongan"), digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

 

PERAYAAN

Meskipun bukan hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Perayaannya biasanya ditandai dengan pelaksanaan upacara bendera di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, dari tingkat kecamatan hingga pusat, disertai dengan penyampaian pidato bertema pendidikan oleh pejabat terkait.

Pada tahun 2019, tema yang diangkat adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.[3] Pada hari selasa, 30 April 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah menggelar sebuah tayang bincang. Dalam kesempatan itu, Kemdikbud mengangkat isu Teknologi Pendidikan dan peran pendidikan pada Revolusi Industri 4.0.[4]

 

Referensi:

  1. ^ National Education Day 2012: The Rise of Indonesian Golden Generation. Diakses 1 Mei 2013
  2. ^ Yogya students collect 10,000 books for National Education Day. Jakarta Post. Diakses 1 Mei 2013
  3. ^ "Pidato Mendikbud dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 30 April 2019.
  4. ^ "Peringati Hardiknas, Kemendikbud Angkat Isu Teknologi Pendidikan"Detiknews. 30 April 2019.

PEMBERITAHUAN SISWA KELAS XII

Cinque Terre
Dengan Hormat, 
Berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara No. 421.3/2874/Subbag Umum/IV/2023 tanggal 06 April 2023 tentang Pengawasan Orang tua Peserta didik Kelas XII setelah Ujian Sekolah, maka dari itu : 

  1. Peserta didik tidak diperbolehkan coret - coret seragam sekolah. 
  2. Menghimbau kepada Seluruh Peserta didik SMKN 1 Stabat untuk tidak melakukan Konvoi Sepeda Motor. 
  3. Menghimbau Orang Tua / Wali Peserta didik Kelas XII untuk mengawasi / mengontrol anaknya pada saat akhir Ujian Sekolah agar tidak terjadi hal - hal yang merugikan diri sendiri atau orang lain. 
  4. Menghimbau Orang Tua / Wali mengenai Pelaksanaan Perpisahan Kelas XII hanya dilaksanakan di lingkungan Sekolah,dan apabila Peserta Didik Kelas XII melaksanakan Perpisahan Kelas XII di luar Lingkungan Sekolah,maka kegiatan tersebut diluar dari tanggung jawab Sekolah.
Demikian surat pemberitahuan ini, atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami sampaikan Terima Kasih.